Pengertian puisi bebas, langkah membuat dan contohnya


Masih dalam pokok bahasan tentang mengenal puisi, untuk artikel kali ini, penulis akan membahas tentang salah satu bentuk puisi yaitu puisi bebas. Ada berbagai macam bentuk puisi yang mungkin sudah kita pelajari sebelumnya, namun untuk pembahasan bentuk puisi bebas ini memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan bentuk puisi lainnya, untuk mengetahui lebih lanjut silahkan lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai .



Definisi puisi bebas

Puisi bebas adalah bentuk puisi yang tidak terikat oleh aturan-aturan baku dalam pembuatannya, aturan-aturan tersebut misalnya, jumlah kata, jumlah baris, jumlah bait, rima, irama dan pemilihan kata. Karena dikatakan puisi bebas maka bebas pula dalam pemakaian aturan-aturan tersebut apakah akan digunakan atau tidak, yang jelas dalam penulisan puisi ini, penulis dapat mengekspresikan pemikiran dan perasaan kedalam sebuah tulisan sehingga terbentuk puisi yang bermakna indah, tajam dan mendalam.


Langkah-langkah menulis puisi bebas

langkah-langkah menulis puisi bebas ini pada prinsipnya sama seperti menulis puisi pada umumnya, hanya saja penulis dapat lebih bebas lagi dalam mengekspresikan pemikiran dan imajinasinya, untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah membuat puisi bebas berikut ini :

1. Buatlah tema puisi
untuk menentukan sebuah tema puisi bebas ini anda dapat menuangkan rasa, perasaan, suasana hati, atau khayalan anda pada satu tema, yang nantinya dari tema tersebut yang akan dikembangkan dan disusun menjadi sebuah puisi yang indah dan bermakna. jika sulit, sebagai contoh yang sering penulis lakukan adalah mencoba keluar rumah dan mengamati sekitar, bisa jadi dari suasana tersebut akan didapat tema yang menarik untuk di jadikan sebuah puisi.

2. Mulailah merangkai kata
Dari tema yang sudah ditentukan diatas maka mulailah mengembangkan sebuah tema tersebut menjadi rangkaiaan kata, temukan kata-kata yang menarik dan bermakna dan susunlah menjadi baris-baris puisi dan dari baris menjadi bait, ingat..!! ini puisi bebas ya, maka anda jangan terpaku pada aturan-aturan yang mengikat. yang harus anda lakukan adalah memilih kata dan diksi yang baik sehingga perasaan dan suasana hati yang akan anda tulis akan terungkap dan tersampaikan dengan indah.

3. Koreksi kembali apa yang sudah anda tulis
Koreksi kembali tulisan anda, dari kemungkinan ada kesalahan diksi yang akan mempengaruhi makna. gantilah dengan pemilihan kata yang sesuai agar semua yang menjadi tujuaan suasana hati anda dapat tersampaikan dengan baik.


Contoh puisi bebas :

"Senyum Mu (untuk istriku)"

Pagi ini benar-benar dingin
sedingin orang-orang disekelilingku
ya'! termasuk juka engkau
yang selama ini bagaikan mentari
memberi kehangatan dengan senyum mu

Ku rasa pagi ini bukan hari ku
melihat wajah murungmu membuatku malas
kutarik selimut rusuh bekas semalam
ingin segara melihatmu tersenyum lewat mimpiku

hahaha aneh bukan?
harusnya engkau tahu
betapa pentingnya senyuman mu untuk menyambut pagi ku
mengalahkan lezatnya roti tawar yang kau sajikan pagi ini

Oleh : R@'in


Setiap orang harusnya dapat membuat puisi sendiri, karena pada prinsipnya membuat puisi itu tidaklah sesulit yang dibayangkan. dan perlu diketahui bahwa setiap puisi yang di ciptakan pasti memiliki tujuan dan penikmat tersendiri. dalam pembutan sebuah puisi mungkin bagi anda yang terlalu kaku dalam memainkan kata atau diksi akan sedikit kesulitan, terus belajar dan perbanyak pengetahuan tentang puisi akan menambah warna pada puisi yang anda buat. Terima kasih...


//Kunjungi//suka//shere//komentar//

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel