Pengertian pidato dan jenis-jenisnya berdasarkan tujuan pidato

Pidato



Menyampai suatu pesan dengan menggunakan gaya bahasa dan narasi yang baik akan membantu kita untuk mempermudah dalam peyampaian pesan tersebut, salah satu cara dalam penyampaian pesan adalah dengan berpidato, nah, dalam artikel kali ini penulis akan membahas tentang pengertian pidato dan beberapa macam tujuan yang disampaikan pembicara, selengkapnya simak artikel berikut :

Pengertian Pidato

jika diartikan secara umum pidato adalah suatu kegitan berbicara di depan khalayak ramai untuk menyampaikan sesuatu hal, baik berupa Ide, gagasan, nasehat, petunjuk ataupun lainnya dalam situasi tertentu.
Dalam berpidato seseorang harus memiliki kreatifitas, kemampuan, serta keberanian menyampaikan isi pidato yang akan disampaikan agar apa yang akan disampaikan dapat diterima dengan baik.

Ada beberapa referensi yang mendefinisakan pidato, dan beberapa referensi tersebut adalah sebagai berikut :

Pidato adalah teknik pemakaian kata-kata atau bahasa secara efektif yang berarti keterampilan atau kemahiran dalam memilih kata yang dapat mempengaruhi komunikan tersebut (Syam, 2006: 7)


Pidato adalah mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak (Depdikbud, 1990: 681)

Berpidato adalah menyampaikan dan menanamkan pikiran, informasi atau gagasan dari pembicara kepada khalayak ramai dan bermaksud meyakinkan pendengarnya (Arsjad, 1988: 53).


Berdasarkan pendapat-pendapat di atas dapat kita tarik  kesimpulan bahwa pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan suatu hal dalam situasi tertentu. Jadi, dalam pidato ada penyampai pidato sebagai sumber pidato, dan ada juga pendengar atau audience. Penyampai pidato berharap agar apa yang disampaikan dapat dipahami oleh pendengarnya.


Jenis Pidato berdasarkan Tujuannya

Pada dasarnya tujuan pidato adalalah menyampaikan sesuatu hal, namun secara teknis pidato dibagi dalam beberapa tujuan pidato yaitu pidato informatif, pidato argumentatif, pidato persuasif, pidato deskriptif, pidato rekreatif dan pidato naratif.


  • Pidato Informatif / instruktif : Pidato informatif bertujuan untuk menyampaikan informasi atau keterangan kepada pendengar. pendengar pidato tersebut diharapkan mengerti, mengetahui dan menerima informasi tersebut.
  • Pidato Argumentatif : Pidato argumentatif adalah pidato yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar agar pendengan mau mengubah pandangan dan keyakinannya yang kemudian mengikuti pandangan dan keyakinan pembicara.
  • Pidato Persuasif : Pidato persuasif bertujuan ingin menarik perhatian, mengajak, membujuk para pendengarnya agar mereka menjadi yakin dan mau mengambil tindakan bahkan melakukan sesuai dengan tujuan pidato tersebut. Contohnya adalah pidato kampanye dan pidato keagamaan.
  • Pidato Deskriptif : Pidato deskriptif bertujuan ingin melukiskan, menggambarkan suatu keadaan.artinya pembicara harus mampu menyampaikan pidato yang natinya isi pidato tersebut  dapat menggambarkan atau melukiskan sesuatu agar publik dapat membayangkan objek atau keadaan pembicara.
  • Pidato Rekreatif : Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur pendengar. Biasanya terdapat dalam pesta-pesta. bertujuan untuk menghibur pendengar. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan yang positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. 
  • Pidato Naratif : Pidato naratif bertujuan untuk mencerikan sejelas-jelasnya tentang sesuatu kepada publik, sebagai contoh adalah mendongeng, sebenarnya mendongeng memiliki sedikit sekali perbedaan dengan pidato yaitu terletak pada idenya saja.

Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik/umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pidato merupakan sebuah cara untuk menyampaikan sesuatu namun dalam berpidato seseorang memiliki tujuan yang berbeda-beda antara lain memberikan informasi, mempengaruhi dan meyakinkan pendengar serta menghibur.
.
.
.
.
.




Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel