Hitungan kalori yang terbuang saat anda melakukan aktivitas harian


Jika kamu saat ini sedang program diet, mungkin yang harus anda perhitungkan adalah tentang kalori, karena kalori yang tidak terpakai ini lah yang menyebabkan tumpukan lemak ditubuh anda. perhitungkan kalori yang masuk kedalam tubuh anda dengan menjaga pola makan yang benar, sehat dan cukup.

Lalu aktivitas apa saja yang dapat membakar kalori?

Perlu diketahui, tubuh manusia membutuhkan energi untuk beraktivitas setiap hari dan dalam semua aktivitas itu, ada sejumlah kalori yang ikut terbakar dan terbuang meskipun demikian, jumlah kalori yang terbuang dalam aktivitas harian tidak sama dengan yang terbakar saat berolahraga.

Saat menjalankan kegiatan harian, kalori anda memang akan terbuang, namun jika Anda tengah berusaha menurunkan berat badan, membakar kalori dengan aktivitas harian saja tidaklah cukup. Olahraga akan membentuk massa otot Anda sehingga akan membakar lebih banyak kalori dan lemak dalam tubuh.

Sebagai contoh, jika anda berolah raga lari selama 30 menit maka kalori yang berhasil anda bakar adalah sekitar 240 kkal. Namun, jika anda sulit menemukan waktu untuk berolahraga, Anda masih bisa membakar kalori harian anda dengan gaya hidup aktif. Gaya hidup aktif artinya melakukan hal-hal kecil yang dapat kita lakukan ketika anda dirumah, diluar rumah, atau dikantor.

Berikut merupakan hal-hal kecil yang tanpa kita sadari mampu membakar kalori harian anda :

1. Aktivitas Didalam rumah


Bagi anda ibu rumah tangga, mengerjakan tugas harian rumah tangga seperti menyapu, mengepel, hingga menyetrika juga dapat menguras energi dan membakar kalori. Tahukah anda, menyapu lantai selama 15 menit mampu membuang sekitar 37,5 kalori,  Mencuci piring dan menyetrika rata-rata membuang 2,3 kalori/menit. selain itu aktivitas rumah tangga seperti makan dan mandi pun membuang kalori Anda sebanyak 2 kalori/menit.

2. Aktivitas Diluar rumah

Jika anda seorang yang super sibuk, dan bertanya-tanya aktivitas diluar rumah  apa yang dapat membakar kalori maka jawabannya adalah berkendara,  sembari anda menuju ke kantor pun mampu membakar kalori. Jumlahnya enggak akan sebanyak berjalan, tapi tetap saja ada kalori yang terbakar. Saat berkendara dengan mobil atau motor, rata-rata kalori yang Anda bakar ialah 2-2,5 kalori per menit. namun berbeda lagi jika anda berkendara menggunakan sepeda, dengan anda bersepeda untuk berangkat kekantor selama 30 menit artinya anda diperkirakan mampu membakar sebanyak 400 kalori.

3. Aktivitas di kantor


Jika kantor Anda ada di gedung bertingkat, maka cobalah sekali-sekali lupakan lift. Pilih naik tangga untuk menuju ruangan Anda. dan tahukah anda satu menit berjalan naik tangga akan membakar 5 kalori. Sementara itu, berjalan menuruni tangga membuang 9 kalori/menit. tips buat anda agar lebih banyak kalori terbakar saat di kantor, sebaiknya anda banyak berjalan, karena itu akan dapat membakar 2,5 kalori tiap menit.saat Anda berbincang atau membaca, kalori dalam tubuh pun tetap terbakar sebanyak 1,5-1,8 kalori/menit.

4. Saat Inaktif


Inaktif artinya anda sedang tidak melakukan apa-apa, atau saat anda tak beraktivitas. Semisal ketika anda tidur atau duduk, Anda membakar 1-1,5 kalori per menit. Saat diam dalam posisi berdiri, jumlah kalori yang terbuang ialah 3-3,7 kalori per menit.


Bagaimana?menarik bukan !,  mungkin selama ini banyak aktivitas yang tanpa anda sadari juga dapat membakar kalori harian anda, namun untuk anda yang sedang program diet, sempatkanlah melakukan olahraga rutin agar apa yang anda inginkan akan sesuai harapan anda. tetap menjaga pola makan dan lakukan gaya hidup aktif. Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel