Pengertian Majas Simile Lengkap dengan Contohnya




Salam baca, Pada kesempatan yang berbahagia ini penulis akan membahas lagi tentang salah satu jenis majas, dan yang akan kita bahas adalah majas Simile. Pememaparkan pembahasan yang penulis tulis dalam artikel ini yaitu mengenai pengertian Simile lengkap dengan beberapa contoh penggunaannya, mudah-mudahan apa yang akan kita bahas ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Yuk kita langsung saja lihat materinya :

A. Pengertian Majas Simile
Secara umum majas simile dapat diartikan sebagai majas yang membandingkan suatu hal dengan hal yang lainnya dengan menggunakan kata penghubung atau kata pembanding yang berbeda namun memiliki sifat atau karakteristik yang sama. Kata simile berasal dari bahasa latin yang artinya "seperti" dan dalam bahasa melayu lebih dikenal dengan "perumpamaan". Jika kita lihat dari KBBI majas simile adalah majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda tetapi dianggap mengandung segi yang serupa, yang dinyatakan secara eksplisit dengan kata pembandingnya yaitu, "seperti", "Bagaikan", "Laksana", "Bak", "Layaknya".

Kalimat yang mengandung majas simile ini biasanya dijelaskan secara langsung dengan kata pembanding yang secara jelas menunjukkan antara kedua hal yang dianggap serupa. Majas simile ini dapat dikategorikan sebagai majas perbandingan, karena memiliki sifat membandingkan sesuatu hal.


B. Contoh Majas Simile
Beberapa contoh berikut mudah-mudahan dapat membantu pembaca untuk lebih memahami lagi tentang majas simile. Untuk itu perhatikan dengan seksama beberapa contok kalimat yang mengandung majas simile berikut :

1. "Gadis itu bagaikan mutiara yang terpendam"
Penjelasan : Kalimat ini mengandung majas simile karena membandingkan antara "gadis" dengan "mutiara" menggunakan kata pembandingnya "bagaikan"

2. "Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan"
Penjelasan : Kalimat ini mengandung majas simile karena membandingkan antara "Engkau" dengan "embun" menggunakan kata pembandingnya "Laksana"

3. "Teriakannya seperti Petir yang menggelegar"
Penjelasan : Kalimat ini mengandung majas simile karena membandingkan antara "Teriakan" dengan "petir" menggunakan kata pembandingnya "seperti"

4. "Perkataanya bak sembilu menyayat hatiku"
Penjelasan : Kalimat ini mengandung majas simile karena membandingkan antara "Perkataan" dengan "sembilu" menggunakan kata pembandingnya "Bak"

5. "Persahabatan kami layaknya rantai yang kokoh"
Penjelasan : Kalimat ini mengandung majas simile karena membandingkan antara "Persahabatan" dengan "rantai" menggunakan kata pembandingnya "Layaknya"

Itulah tadi pembahasan majas simile yang dapat penulis bagikan pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan artikel ini dapat menjadi wawasan lebih bagi pembaca. Terimakasih, dan salam baca diartikel berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel