Pengertian Majas Enumerasio lengkap dengan contohnya


Salam Baca, Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas tentang salah satu jenis majas yang masih tergolong dalam penegasan, dan yang akan kita bahas kali ini yaiti majas enumerasio. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Majas Enumerasio
Majas Enumerasio Adalah beberapa peristiwa yang membentuk satu kesatuan, dilukiskan satu persatu agar tiap peristiwa dalam keseluruhannya tampak dengan jelas.
Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa majas enumerasio ini merupakan sebuah gaya bahasa yang digunakan untuk menegaskan dan menguraikan rentetan peristiwa dalam satu waktu, sehingga penggambaran tiap peristiwa yang terjadi tampak dengan jelas.

Contoh Majas Enumerasio
Agar pembaca lebih memahami lagi apa yang dimaksud dengan majas enumerasio ini, silahkan simak beberapa contoh kalimat  berikut ini :

  1. Duduk dikursi pinggiran taman usang, menatap bunga layu dengan daunnya yang gersang, tapi, entah kenapa sore itu menjadi lebih indah, bagaikan bunga mawar yang baru merekah.
  2. Laut tenang. Di atas permadani biru itu tanpak satu-satunya perahu nelayan meluncur perlahan-lahan. Angin berhempus sepoi-sepoi. Bulan bersinar dengan terangnya. Disana-sini bintang-bintang gemerlapan. Semuanya berpadu membentuk suatu lukisan yang haromonis. Itulah keindahan sejati.
  3. Angin semilir perlahan, langit biru terlihat ringan, lazuardi cerah nilakandi, bulan pun bersinar kembali, sedang aku, cuma duduk sambil melamun. Memikirkanjantung hati, yang entah ke mana tak tahu rimbanya.
  4. Suara Bising menabuh gendang telinga, berseliweran kendaraan tanpa henti, melawati hujan dab panasnya terik matahari, kesana kemari sibuk mencari duniawi.
  5. Korban meninggal saat itu juga, motonya hancur lebur, darah menganak sungai, mengalir ke mana-mana.
Itulah beberapa contoh majas enumerasio, semoga contoh tersebut dapat memperjelas pengertian majas tersebut, dan semoga dapat menambah wawasan kita tentang bahasa indonesia, terimakasih...

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel