Waspada Asam urat, kenali gejala dan faktor risikonya

Waspada penyakit Asam urat

Waspada penyakit asam urat!!. mencegah lebih baik daripada mengobati adalah hal yang bijak bagi anda untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena mengobati akan terasa lebih sulit dan melelahkan ketimbang anda harus menjaga kesehatan. salah satu penyakit yang sering diderita terutama pada anda yang berusia lanjut adalah asam urat atau encok.



Penyakit ini sebenarnya bukan terjadi dalam waktu yang singkat, sering kali kita mengabaikan gejala-gejala kecil yang diterima oleh tubuh kita dan tetap melakukan pola hidup yang kurang sehat, sehingga lama kelamaan asam urat tersebut menumpuk dan terjadilah nyeri hebat pada sendi yang diserang oleh asam urat, disitulah kita baru menyadari bahwa kita menderita penyakit asam urat.

Itulah yang perlu kita waspadai, karena tidak menutup kemungkinan penyakit asam urat tersebut menjangkiti tubuh kita, pola hidup bersih sehat (PHBS) dan berolah raga teratur bisa menjadi referensi kita untuk menangkal segala macam penyakit yang salah satunya adalah asam urat.

Untuk menambah pengetahuan anda tentang penyakit asam urat, marilah kita bahas bersama pada artikel ini.


1. Definisi Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit peradangan sendi (arthristik) dimana penderitanya akan merasakan sakit yang luar biasa pada sendi yang diserang asam urat.
perlu diketahui, hal ini terjadi karena meningkatnya kadar purin dalam darah, semakin tinggi kadar purin pada suatu sendi tersebut maka lama kelamaan akan menumpuk dan membentuk kristal  yang menjadikan  peradangan sendi yang dinamakan asam urat.

Sendi yang paling sering terkena asam urat adalah sendi kaki terutama pada jari-jari kaki, namun tidak meutup kemungkina terjadi pada sendi lainnya misalnya pergelangan kaki, sendi lutut, lengan, pergelangan tangan, siku, sendi tulang belakang dan lainnya.


2. Tanda-tanda atau gejala Asam urat

Seperti yang sudah kita bahas diatas sebelumnya, bahwa gejala awal asam urat jarang sekali menimbulkan tanda-tanda. sehingga kita sering mengabaikan gejala kecil atau bahkan kita tidak menyadarinya, karena hal tersebut gejala asam urat biasanya muncul dimana penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau bahkan sudah kronis. dalam kondisi tersebut gejala yang sering timbul adalah :
  • Nyeri parah pada sendi yang terjadi secara tiba-tiba, biasanya bertambah parah pada malam dan pagi hari.
  • Terjadi pembengkakan pada sendi
  • Sendi terasa panas
  • Muncul kemerahan pada sendi


3. Penyebab Asam Urat

Jika dilihat dari mekanisme terjadinya asam urat, penyebab utama penyakit asam urat adalah banyaknya kandungan purin dalam darah yang menumpuk dan mengkristal pada suatu sendi sehingga sendi tersebut mengalami peradangan.

Yang menjadi pertanyaan kita sekarang adalah, berasal darimanakah kandungan purin tersebut?
"Perlu kita ketahui bersama bahwa purin dihasilkan dari makanan yang kita makan, semakin tinggi kadar purin dalam makanan yang kita makan maka semakin tinggi pula kadar purin dalam darah kita, dengan kata lain makanan yang kita makan akan mempengaruhi kadar purin dalam darah kira.

Untuk kondisi normal, purin yang dihasilkan dari makanan yang kita makan akan di olah oleh tubuh dan dibuang melalui urin dan tinja, sedangkan pada kondisi yang tidak normal, purin dalam darah terlalu tinggi dan tidak bisa seluruhnya diolah oleh tubuh segingga menumpuk dan mengkristal pada sendi.

4. Faktor risiko

Sebenarnya faktor  risiko yang utama untuk penyakit asam urat ini adalah dari makanan yang kita makan, semakin banyak  kandungan purin dalam makanan yang kita makan maka semakin besar peluang untuk risiko  asam urat, namun selain dari makanan masih ada faktor lain yang dapat membuat anda terkena penyakit asam urat, antara lain sebagai berikut :

  • Faktor Usia dan jenis kelamin : belum diketahui pasti penyebabnya, namun untuk penyakit asam urat ini lebih sering menyerang orang yang lanjut usia walaupun tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang yang terkena asam urat pada usia muda, sedangkan untuk jenis kelamin, penyakit asam urat ini lebih rentan menyerang pria dari pada wanita.
  • Faktor genetik : cek riwayat keluarga anda, apakah ada yang terkena penyakit asam urat, jika ya, maka lebih berhati-hatilah karena faktor genetik  ini menjadi salah satu faktor risiko yang akan anda hadapi, sikapi dengan bijak agar anda terhindar dari penyakit tersebut.
  • faktor obesitas (kegemukan) : obesitas atau  memiliki berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit ini, jika anda memiliki  berat badan berlebih dari standar maka lebih waspadalah terhadap penyakit ini.
  • Faktor pola hidup  tidak sehat : pola hidup tidak sehat  ini adalah pola hidup yang tidak seimbang atau pola hidup yang tidak tertata, maka mulailah pola hidup yang lebih sehat yaitu dengan mengikuti pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk hidup yang lebih baik.
  • Faktor riwayat kesehatan  : Faktor ini dilihat dari medikal record atau catatan kesehatan pribadi anda apakan anda memiliki riwayat penyakit yang dapat meningkatkan risiko asam urat atau tidak, penyakit tersebut adalah :
                      1. Gangguan fungsi ginjal
                      2. Diabetes (kencing manis)
                      3. Tekanan darah tinggi
                      4. Penyakit jantung
                      5. Penyakit infeksi
  • Faktor dehidrasi : kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi  ini akan mempengaruhi risiko asam urat karena kekurangan cairan tubuh akan memperlambat terbuangnya zat asam melalui urin.
  • Mengkonsumsi obat tertentu : Beberapa obat yang dapat meningkatkan risiko asam urat, seperti : Aspirin (pereda nyeri), obat diuretik, obat kemoterapi, serta obat yang dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Melakukan pola hidup bersih dan sehat adalah hal terpenting yang  harus kita lakukan untuk kehidupan kita dan konsultasi kedokter merupakan solusi terbaik untuk anda. 
Terima kasih.








Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel