Pengertian puisi Akrostik dan Contohnya



Puisi Akrostik


Puisi Akrostik adalah salah satu jenis atau bentuk puisi yang sajaknya disusun untuk mendeskripsikan sesuatu hal atau topik tertentu, puisi ini biasanya memiliki huruf-huruf diawal kalimat setiap barisnya yang menyusun sebuah atau beberapa kata secara vertikal.

Puisi ini bisa dibilang cukup unik, karena memiliki awalan huruf dalam setiap barisnya yang membentuk susunan kata secara vertikal, dan bukan hanya iru saja, dalam pembuatan puisi akrostik ini juga cukup unik, karena penulis harus bisa mengait-ngaitkan huruf awalan sehingga terbentuk suatu deskripsi gagasan atau sebuah topik tertentu yang akan dikemukakan.

Pemilihan kata yang akan dijadikan huruf awalan dalam puisi akrostik ini termasuk bebas, penulis dapat menentukan sendiri berapa kata yang akan dipakai untuk dijadikan huruf awalan. walaupun terlihar sedikit rumit namun jika dipelajari lebih lanjut dalam penulisannya tidak serumit yang dibayangkan, untuk lebih jelasnya lihatlan contoh puisi akrostik berikut :

SUASANA HATI

Sudah lama kurasakan ini
Ungkapan kata yang tak tersampaikan
Akan kupendam sementara didalam hati
Sebagai bumbu rindu dikala bertemu
Angan membayangkan hari itu
Nira yang manis itulah perasaanku
Angin berhembus membawa salamku

Hingga hari ini perasaanku masih sama
Akan kujaga hingga hari itu tiba
Tiada lagi sedih gundah gulana
Inginku tercapai dan akan kujaga.

Puisi akrostik diatas memiliki dua kata vertikal yang dijadikan sebagai huruf awalan disetiap barisnya, untuk isinya sendiri penulis memaparkan tentang judul puisi.
Bagi anda yang akan membuat puisi akrostik ini, pilihlah kata sesuai keinginan anda dan kreasikan isinya dengan mengait-ngaitkan menjadi sebuah topik dan susun semenarik mungkin, agar lebih indah.   Semoga bermanfaat. Terima Kasih...





//Kunjungi//Suka//Shere//Komentar//

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel