Contoh perlombaan tradisional untuk HUT RI

17 Agustus 1945 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi rakyat indonesia yaitu hari kemerdekaan indonesia, dimana berkat jasa para pahlawan indonesia kita terbebas dari penjajahan bangsa manapun. untuk itu setiap tanggal 17 Agustus kita pasti merayakan hari bersejarah tersebut, dan yang paling ditunggu dalam peringatan HUT RI tersebut adalah perlombaan permainan yang diadakan di hampir seluruh daerah di Indonesia, guna menambah kemeriahan peringatan kemerdekaan tersebut.


Ada banyak sekali jenis pemainan yang dilombakan, mulai dari permainan tradisional sampai modern, kadang tidak jarang permainan tersebut mengundang gelak tawa penontonnya, dan pada artikel kali ini saya akan membahas tentang lima permainan tradisional yang sering dilombakan saat merayakan hari kemerdekaan, yuk kita simak,


1. Balap karung

Permainan yang satu ini merupakan salah satu permainan wajib dilombakan setiap memperingati hari kemerdekaan indonesia, pasalnya permainan ini selain unik juga mengundang gelak tawa penonton, permainan adu ketangkasan ini dimainkan dengan cara adu cepat.
sebelum bertanding peserta diwajibkan mengenakan karung. dahulu, karung yang dipakai untuk perlombaan ini menggunakan karung goni karena lebih kuat dan empuk, namun sekarang karung goni sudah sangat sulit dijumpai sehingga diganti dengan karung beras biasa.
perlombaan diikuti  minimal dua peserta, dengan beradu kecepatan, boleh dengan melompat atau berlari. untuk skema pertandingan sama seperti perlombaan pada umumnya yang menang akan di lombakan kembali sampai menemukan juara pertama kedua dan ketiga.


2. Tarik tambang

Permainan tarik tambang ini mengandalkan kekuatan dan kekompakan. dimainkan dengan 2 tim beregu yang masing-masing regu memiliki jumlah peserta yang sama.
teknik permainan tarik tambang ini menggunakan tali tambang yang dibentang dan dibagi dua sama panjang kemudian diberi garis tengah yang sama.  setiap regu memegang satu sisi dan ada satu wasit ditengah yang akan menentukan garis batas kalahnya.
skema perlombaan masih sama dengan perlombaan lainnya, yang menang akan dilombakan kembali sampai menemukan juaranya.
yang membuat menarik permainan ini adalah saling tarik menarik tambang tersebut yang pastinya mengundang gelak tawa penonton, mulai dari ekspresi wajah peserta sampai  tingkah lucunya membuat permainan ini selalu dirindukan setiap acara 17 Agustusan.


3. Bakiak

Permainan yang menggunakan media bakiak ini sangat ditentukan oleh kekompakan kaki pesertanya,
bakiak adalah semacam terompah atau sandal kayu yang diabuat memanjang yang memiliki minimal tiga pasang sandal.
permainan tradisional asal sumatra barat ini merupakan salah satu permainan unik dan menarik,  dimana peserta diharuskan berjalan menggunakan sepasang bakiak yang diapakai minimal tiga orang secara bersamaan untuk melangkah ke garis finis.


4. Balap enggrang

Enggrang merupakan salah satu permainan tradisional yang mengandalkan keseimbangan tubuh, biasanya terbuat dari bambu panjang kemudian bagian sedikit kebawah diberi seperti jalu untuk pijakan kaki pemainnya.
Mungkin tidak semua orang dapat memainkan permainan ini karena membutuhkan keseimbangan, namun jika pemain yang sudah mahir menggunakan enggrang ini akan sangat mudah neggunakannya dan seperti berjalan biasa.
Untik pola skema permainan sama seperti balap karung, yang tercepatlah yang menang.


5. Panjat Pinang

panjat pinang merupakan perlombaan yang mengandalkan kekompakan,kekuatan dan kelincahan pemainnya.panjat pinang merupakan perlombaan grup, penentuan jumlah pemain dalam satu grup biasanya ditentukan berdasarkan ukuran tinggi pohon pinang yang akan digunakan. yang namanya panjat pinang, harusnya yang digunakan untuk media panjatnya yaitu pohon pinang, namun untuk era sekarang ini pohon pinang sudah sangat jarang dijumpai, maka media panjat yang digunakan biasanya diganti dengan bambu yang memiliki diameter yang cukup besar, atau batang pisang.
untuk aturan mainnya, satu grup pemain atau pemanjat diberi waktu untuk memanjat pohon pinang yang diatasnya sudah di beri berbagai macam hadiah menarik, namun batang pinang tersebut sudah diberi pelicin seperti oli atau semacamnya. keseruan dan kelucuan terjadi ketika pemain berusaha memanjat pohon yang licin tersebut, berbagai macam kejadin lucu tercipta dan menambah kemeriah HUT RI.

Itulah 5 permainan perlombaan tradisional yang paling sering lombakan pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia , bahkan sampai sekarang pun perlombaan tersebut masih menjadi primadona dan paling ditunggu. Semoga bermanfaat, Terima Kasih..
.
.
.
.
.
//Kunjungi//Suka//Shere//Komentar// 



Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel