Sekilas tentang USG (Ultrasonografi)


Anda mungkin sering mendengar istilah USG, Tapi, Tahukah anda apakah yang dimaksud dengan USG ? bagaimana cara kerjanya? dan apa Manfaatnya?. pertanyaan-pertanyaan ini lah yang sering muncul dimana seseorang masih awam dengan istilah kesehatan atau sudah mengetahui namun belum memahami, nah, untuk itu' dalam artikel kali ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan tentang Ultrasonografi (USG).



Apakah yang dimaksud dengan USG?

USG atau Ultrasonografi adalah suatu teknik pencitraan diagnostik dengan alat yang menggunakan teknologi gelombang suara berfrekuensi tinggi yang berada diluar rentang pendengaran manusia.
Pada penggunaannya, teknik pencitraan USG ini masih tergolong aman, karena tidak memancarkan radiasi pengion seperti Rontgen dan CT-Scan.


Bagaimana cara kerja USG?

Untuk kita yang masih tergolong orang awam, mungkin cara kerja alat usg ini masih sulit untuk dipahami, namun disini saya akan sedikit memberi gambaran tentang bagaimana cara kerja alat usg ini sehingga dapat menghasilakan gambaran yang dibutuhkan sebagai penunjang medis.
Ultrasonografi (USG) merupakan alat pemeriksaan dengan menggunakan ultrasound (gelombang suara) yang dipancarkan oleh transduser. Suara merupakan fenomena fisika untuk mentransfer energi dari satu titik ke titik yang lainnya sehingga mendapatkan gambaran yang jelas hampir semua bagian tubuh, kecuali bagian tubuh yang dipenuhi udara atau ditutupi tulang.
Untuk pemanfaatan gelombang suara ini, sebenarnya bukan hanya dipakai pada USG saja, kapal selam juga memanfaatkan gelombang suara ini untuk mendeteksi benda yang ada di depannya, sehingga tidak bertabrakan.


Manfaat Pemeriksaan USG

Kemajuan teknologi saat ini yang semakin berkembang, aplikasi dan manfaat alat USG telah demikian luasnya dirasakan masyarakat. USG (ultrasonografi) adalah salah satu alat untuk memeriksa tubuh yang dianggap cukup akurat dan efektif untuk mengetahui kelainan patologis pada organ yang diperiksa tanpa melakukan pembedahan. Karena kepraktisan dan keakuratannya maka USG banyak dipergunakan dokter untuk membantu penegakkan diagnosa pasien.
Selain itu pemanfaat USG Ini banyak digunakan oleh dokter kandungan untuk melakukan pengecekan calon bayi dalam kandungan, sehingga dokter dapat mengetahui kondisi bayi dan bisa jadi sebagai alat penunjang untuk menentukan proses kelahiran yang paling aman untuk dilakukan.



Kesimpulan : 

Teknik pencitraan USG ini tergolong aman untuk digunakan, karena hanya memanfaatkan  teknologi gelombang suara berfrekuensi tinggi sebagai medianya, USG (ultrasonografi) ini juga merupakan salah satu alat yang dianggap cukup akurat dan efektif untuk mengetahui kelainan patologis pada organ yang diperiksa tanpa melakukan pembedahan (Non Invasif). Karena kepraktisan dan keakuratannya maka USG banyak dipergunakan dokter untuk membantu penegakkan diagnosa pasien. Untuk anda yang sedang hamil, USG kandungan dapat menjadi referensi anda untuk dapat melihat kondisi bayi yang ada dalam kandungan anda, tentunya dengan konsultasi kedokter kandungan anda juga dapat menentukan proses kelahiran yang paling aman untuk anda.

Semoga sedikit pemaparan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, Kritik saran yang membangun sangat dibutuhkan untuk membangun blog ini agar lebih baik lagi kedepannya. Terimakasih.
.
.
.
.
.
.


Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel