Tata cara Sholat Taubat lengkap berserta Do'anya

Shalat Taubat

Kita sebagai manusia pasti pernah melakukan hal yang dilarang atau tidak disukai Allah Swt. Karena pada hakekatnya manusia tak luput dari khilaf dan dosa, baik disengaja atau pun tidak disengaja, baik yang kita sadari ataupun tidak kita sadari, baik dosa kecil atupun dosa besar.

Dalam Islam Allah Swt telah mensyariatkan salah satu ibadah terbaik khusus bagi hambaNya yang telah melakukan dosa agar mendekatkan diri kepadaNya dengan harapan taubatnya dapat diterima. Yaitu Shalat Taubat, shalat Taubat adalah shalat sunah yang dilakukan untuk memohon agar semua dosa yang telah kita perbuat mendapatkan ampunan dari Allah Swt dan dapat kembali kejalan yang lurus.

Tentang betapa pentingnya shalat taubat ini, ada sebuah hadis yang diriwayatkan dari Ali Ibn Abi Thalib ra. Beliau diberi tahu hadis dari Abu Bakar ra, dan Abu Bakar adalah sahabat yang jujur, Beliau berkata bahwa, " Aku mendengar rasullullah Saw, Pernah nersabda:

"Tidak ada seorangpun yang melakukan dosa, lalu dia berdiri kemudian bersuci lalu menunaikan shalat (Sunah), setelah itu dia memohon ampunan kepada Allah, kecuali Allah pasti akan mengampuninya. " Kemudian beliau membaca ayat ini (yang artinya), "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat kepada Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapakah lagi yang bisa mengampuni dosa selain Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.(QS.Ali Imran: 135)."  (HR.Tirmidzi)


Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ketika hendak melakukan shalat taubat, yuk kita simak:

Pertanyaan : Berapa rakaat yang harus dikerjakan dalam shalat taubat?
Jawab : Shalat sunah taubat ini dapat dilakukan minimal dua rakaat dan maksimalnya tidak terbatas.

Pertanyaan : Kapan waktu yang tepat untuk melakukan shalat taubat?
Jawaban : pada dasarnya tidak ada waktu khusus untuk mengerjakannya , tapi sebaiknya shalat ini segera dilakukan ketika kita merasa bahwa telah melakukan banyak dosa, terutama kepada Allah Swt. Adapun jika dosa tersebut berkaitan dengan haqq adamiy (hak sesama manusia), maka selain bertaubat kepada Allah juga diwajibkan untuk meminta maaf dengan penuh ketulusan kepada orang yang sudah kita zalimi.

Pertanyaan : Bagaimana cara shalat taubat dan apa saja langkah-langkahnya?
Jawaban : Berikut adalah cara Shalat taubat dua rakaat, dari takbir hingga salam, silahkan ikuti langkah-langkahnya :

1. Bacalah niat shalat taubat : "Usholli sunatat taubati rokaataini lillahi ta'aala"
2. Takbiratul ihram, lalu membaca Do'a iftitah
3. Membaca Surat Al-Fatihah
4. Membaca Surat dalam Al-quran : (boleh surat apa saja dalam Al-Quran)
5. Rukuk : Membaca "Subhana Rabbiyal 'Adzhimi Wa Bihamdihi"
6. I'tidal : Membaca "Sami’Allaahu liman hamidah kemudian Rabbana Lakalhamdu Mil Assamawati Wamil Ardhi Wamil a’maasyita Min Syai i’nba’du"
7. Sujud pertama : Membaca "Subhana Rabbiyal A'la Wa Bihamdihi"
8. Duduk diantara dua sujud : Membaca "Rabbighfirli Warhamni Wajburni Warfa’kni Warzuqni Wahdini Wa’afini Wa’fu ‘anni"
9. Sujud kedua : Membaca "Subhana Rabbiyal A'la Wa Bihamdihi"
10. Berdiri dan lakukan rakaat kedua : Lakukan Langkah no 3 sampai no 9
11. Tasyahud akhir : Membaca bacaan tasyahud akhir
12. Salam.

Setelah selasai mengerjakan sholat taubat, dianjurkan memperbanyak baca istighfar yang ditujukan untuk memohon ampunan Allah Swt.
Bacaan istigfar tersebut diucapkan sebanyak 100 kali dengan setulus-tulusnya. Setelah itu baru membaca doa sholat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu. A 'udzu bika min syarri maa shona'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: "Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau".

Shalat taubat harus dikerjakan dengan bersungguh-sungguh, artinya setelah melakukan shalat taubat diharapkan akan menjadi pribadi yang baik dan sholeh, perbanyak ibadah, sedekah, dan tidak mengulangi perbuatan dosa seperti sebelunya.

Semoga bermanfaat dan semoga kita dijadikan orang-orang yang berada dijalan Allah. Amin Allahhumma Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel