Jenis-jenis burung puter yang populer di indonesia

Burung puter merupakan salah satu jenis burung anggungan yang sering dipelihara pecinta burung, selain bunyinya yang merdu dan jenis pakan yang mudah didapat yaitu biji-bijian burung ini juga sangat mudah untuk ditangkarkan, namun untuk anda yang ingin menangkarkan burung jenis ini, anda harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis burung puter yang anda diindonesia, untuk lebih jelasnya, yuk baca artikel ini hingga selesai agar anda memperoleh informasi yang bermanfaat.

1. Puter Lokal


Burung puter lokal atau disebut juga burung puter biasa ini sudah ada di Indonesia sejak ribuan tahun yang lalu.burung puter lokal memiliki ciri bulu berwarna coklat cerah serta memiliki bulu berbentuk kalung hitam melingkar dilehernya, sedangkan untuk suara sendiri burung ini memiliki suara anggungan yang datar.
Burung puter lokal ini merupakan jenis burung yang paling mudah ditangkarkan dibandingkan dengan jenis burung puter yang lain karena burung ini merupakan jenis burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan.
Makanan untuk burung ini yaitu berupa biji-bijian,

2.Puter pelung


Jenis burung puter pelung ini sebenarnya banyak kemiripan dengan puter lokal, mulai dari fisiknya, besar tubuh, warna bulu, bentuk kaki dan paruh. hanya saja perbedaan yang paling mendasar yaitu terletak pada suaranya, jika puter lokal memiliki suara yang datar, namun berbeda dengan puter pelung yang memiliki suara yang mengalun lebih panjang, santai dan tetap ber irama.

3. Puter Albino


burung puter albino sebanarnya sama dengan jenis burung puter lokal, hanya saja burung puter jenis ini telah mengalami mutasi atau perubahan gen burung sehingga menyebabkan perubahan warna bulu dan kulit.
Puter albino ini memiliki ciri bulu berwarna putih dengan disertai kelopak mata berwarna merah.

4. puter irak


Puter irak bisajadi hampir sama dengan puter albino yang telah mengalami mutasi, namun warna dari burung puter ini lebih bervariasi, yatu berwarna colat dan putih, serta memiliki bulu berbentuk kalung berwarna putih dilehernya.

5. Puter lumut atau puter geni


Burung puter lumut (Streptopelia bitorquata, island collared) atau dederuk jawa, biasa juga disebut puter Geni.  Puter lumut ini sudah sangat sulit dijumpai, bahkan geliat breeding atau budidayanya kurang mendapat sambutan dari masyarakat
Burung puter lumut atau puter geni memiliki ciri warna badannya cenderung merah bata, dengan kalung hitam kombinasi putih, kepala sedikit keabu abuan, iris mata berwarna jingga, kaki warna merah. Suara 3nada, ada yang 2 nada, kruk kruuukkk..kruk. Pakan burung ini berupa biji bijian.

Itulah tadi jenis-jenis burung puter yang populer diindonesia, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, terimakasih..

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel