Pengertian Majas Epitet Lengkap dengan Contohnya



Salam Baca. Pada kesempatan yang berbahagia ini penulis masih akan membahas tentang salah satu gaya bahasa, yaitu majas Epitet. Pembahasan majas epitet dalam artikel kali ini meliputi pengertian majas epitet dan dilengkapi dengan contohnya. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak pembahasan berikut ini :

A. Pengertian Majas Epitet
Kata Epitet atau Epithet ini merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris yang artinya Julukan. karena memiliki arti julukan maka istilah epitet ini digunakan untuk menggambarkan atau memberi julukan pada seseorang atau sesuatu berdasarkan keistimewaan ataupun kekurangannya.
Untuk menjelaskan pengertian majas epitet ini, penulis telah merangkum beberapa referensi yang dapat menjadi rujukan mengenai pengertian majas epitet :

  • Menurut KBBI Epitet adalah kata sifat,kata benda,atau frasa yang biasanya digunakan untuk meremehkan/menghina orang atau benda.
  • Arti lain Epitet adalah sebuah gaya bahasa semacam acuan yang menyatakan suatu sifat atau ciri yang khusus dari seseorang atau sesuatu hal, keterangan tersebuat merupakan frasa deskriptif yang menjelaskan atau menggantikan nama seseorang atau suatu barang. 
  • Epitet memiliki 2 arti. Epitet adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Epitet memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga epitet dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Berdasarkan beberapa arti epitet diatas dapat kita simpulkan bahwa epitet merupakan sebuah gaya bahasa yang menggunakan kata lain atau sebuah ungkapan untuk menjelaskan sesuatu hal dengan hasil deskripsi karakter atau sifat dari objek tertentu.

B. Contoh Majas Epitet
Untuk menjelaskan pengertian epitet yang sudah penulis tulis diatas ada baiknya dilengkapi dengan contoh agar penggunaan kata yang mengandung epitet ini mudah dipahami, simaklah beberapa contoh kalimat yang mengandung majas epitet berikut ini :


  1. Kesulitan ekonomi lah yang membuat orang itu berurusan dengan lintah darat. (Lintah darat = Rentenir).
  2. Pedagang sayuran itu dahulu berprofesi sebagai kupu-kupu malam. (Kupu-kupu malam = pekerja seks komersial)
  3. Anak pak lurah itu dikenal sebagai bunga desa di kampungnya. (Bunga desa = Wanita primadona).
Masih banyak contoh lain yang tidak penulis tulis di artikel ini, jika pembaca punya contoh lain silahkan tulis dikolom komentar. sekian dulu artikel kali ini semiga bermanfaat untuk kita semua, Terima kasih..

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel