Majas Koreksio, pengertian, kegunaan dan contohnya



Kesempatan kali ini penulis masih membahas tentang salah satu majas yang tergolong majas penegasan, dan yang akan kita bahas pada kesempatan yang berbahagia ini adalah tentang majas koreksio, untuk lebih jelasnya, simak artikel ini hingga selesai ya,,!!

Pengertian Majas Koreksio
Majas Koreksio: Adalah gaya bahasa yang awalnya menegaskan sesuatu, tetapi kemudian dikoreksi memperbaikinya dengan pernyataan lain. majas ini biasanya digunakan untuk menarik perhatian dengan menarik pernyataan sebelumnya kemudian membetulkan dengan pernyataan berikutnya.

Dalam penggunaannya, majas ini mungkin sering kita jumpai atau mungkin kita sendiri yang menggunakannya namun kita tidak menyadarinya atau mungkin kita belum mengerti, sebagaimana yang sering kita jumpai dalam berkomunikasi sehari-hari, kadang kita membuat sebuah pernyataan yang salah. yang kesalahan itu dapat terjadi dengan tidak sengaja ataupun dengan disengaja dan dalam hal kesengajaan biasanya digunakan untuk memberikan sindiran terhadap sesuatu. Untuk mengkoreksi pernyataan yang salah tersebut, di dalam bahasa Indonesia digunakanlah majas koreksio.


Contoh Kalimat Majas Koreksio
Untuk memperjelas apa yang dimaksud dengan majas koreksio yang sedang kita bahas ini, cobalah pahami beberapa contoh kalimat berikut ini :
  1. Silakan pulang saudara-saudara, eh maaf, silakan makan.
  2. Sebenarnya sudah dua kali, ah bukan, sudah tiga kali hal itu saya usulkan.
  3. jika dilihat dari prestasinya sekarang, mungkin ana akan mendapat peringkat 3 terbawah, eb bukan, 3 teratas
  4. Festival kesenian Nasional itu akan diselenggarakan mulai hari Jumat, maaf maksud saya festival akan dimulai hari Kamis.
  5. Jika menggunakan kereta, jarak dari sini ke Surabaya bisa ditempuh dengan sepuluh jam, eh maaf, mungkin dua belas jam baru sampai Surabaya.
  6. sebenarnya saya lah yang membeli mobil itu, maaf, maksudnya menyewa mobil itu.
  7. besok saya akan berlibur sendiri ke jogja, eh,mungkin berdua dengan teman saya
  8. kampungku tidak jauh dari pusat kota, kira-kira dua jam berkendara motor, salah berkendara mobil.
  9. Jika Anda perhatikan bahwa lebih baik memakai kemeja biru, maaf, sepertinya kemeja hitam lebih baik untuk Anda.
  10. dokter tulang dirumah sakit itu buka praktik jam 7 pagi, maaf maksud saya 7 malam.
itulah tadi pengertian, kegunaan dan beberapa contoh kalimat majas koreksio yang dapat kami bahasa pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita untuk belajar bahasa indonesia, salam baca dan terimaksaih...

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel