Pengertian Majas Antiklimaks lengkap dengan Contohnya



Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang majas klimaks, dan untuk artikel kali ini penulis akan kembali membahsa tentang majas lain yaitu majas Antiklimaks, untuk lebih jelasnya simak artikel ini hingga habis ya..!!

Baca Juga : Pengertian Majas Klimaks ciri dan contohnya

Pengertian majas Antiklimaks
Ada sedikit perbedan yang mendasar pada pengertian majas klimaks dan antiklimaks ini, jika sebelunya penulis mebahas tentang majas klimaks yang artinya adalah suatu gaya bahasa yang digunakan untuk menyatakan suatu hal secara runtut atau berurutan semakin memuncak. Dari yang rendah menuju yang lebih tinggi tingkatannya atau sering disebut berbentuk hierarki, maka sebaliknya, pada majas antiklimak ini adalah gaya bahasa yang menyatakan beberapa hal berurutan semakin lama semakin menurun. atau lebih jelasnya majas antiklimaks Berasal dari dua suku kata yaitu “anti” yang berarti berlawanan dan “klimaks” yang artinya puncak. sehingga dapat disimpulkan bahwa majas ini merupakan gaya bahasa yang meruntutkan kata-kata dalam satu hirarki mulai dari tingkat yang tinggi ke tingkat yang paling rendah.


Contoh kalimat yang mengandung majas Antiklimaks
Untuk memperjelas apa yang dimaksud dengan majas antiklimaks, cobalah perhatikan beberapa contoh kalimat yang mengandung majas antiklimaks berikut ini :

  1. Ketua pengadilan negeri itu adalah orang yang kaya, pendiam, dan tidak terkenal namanya
  2. Acara tahunan yang diselenggarakan kemarin dihardiri oleh Walikota, Bupati, Kepala Desa, Ketua RW, Ketua RT, dan seluruh lapisan masyarakat.
  3. Acara peringatan ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati dari tingkat ibukota, provinsi, kota, kabupaten hingga ke pelosok desa.
  4. Wabah penyakit itu tidak mengenal usia, karena bisa saja mengancam orang tua, dewasa, remaja, balita,
  5. Setiap tingkat satuan pendidikan, mulai dari perguruan tinggi, SMA, SMP, hingga SD, sudah seharusnya tidak terbebani dengan penerapan kurikulum yang baru ini.
  6. Di Indonesia tata urutan Peraturan Undang-Undang adalah bergantung dari yang tertinggi yaitu UUD 1945, Ketetapan MPR, Undang-Undang, Peraturan Presiden, Peraturan Daerah Provinsi, Peraturan Daerah Kota/Kabupaten.
  7. Biasanya ruang rumah sakit itu dibagi beberapa ruangan yaitu VVIP, VIP, Kelas 1, kelas 2, dan kelas 3
  8. Hubungan antara pemilik pabrik, manajer pabrik, karyawan pabrik hingga buruh parbrik tidak memiliki hubungan yang baik karena tuntutan buruh yang meminta kenaikan upah.
  9. Warung makan ini telah buka sejak puluhan tahun lalu, pelanggannya pun berasal dari banyak kalangan mulai dari pekerja kantoran, mahasiswa hingga pelajar yang suka makan siang di sana karena selain rasanya enak harganya juga murah.
  10. Toko ini menjual semua peralatan dan perlengkapan musik lenkap mulai dari harga yang paling mahal yakni jutaan rupiah, hingga yang paling murah yakni hanya ratusan ribu rupiah.
Itulah tadi penegertian majas antiklimaks dan beberapa contoh kalimatnya yang dapat penulis bahas pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tenyang bahasa indonesia. terimakasih..

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel