Unik,!!! beberapa macam hal unik yang dilakukan burung parkit





Dalam artikel kali ini, R@Indah Blog akan membahas tentang beberapa perilaku unik dan khas burung parkit saat berada di dalam sangkar. semoga dengan adanya artikel kali ini dapat membantu anda mengenali hal-hal unik yang sering dilakukan burung parkit, yang mana pengetahuan ini sangat penting, Khususnya untuk para penggemar parkit dan peternak pemula.

Banyak prilaku unik yang dimiliki burung parkit, nah,,beberapa hal unik tersebut akan kita bahas dalam artikel ini, Berikut beberapa prilaku yang sering dilakukan oleh burung parkit :

1. Burung parkit sering Merenggangkan Tubuhnya

Jika anda perhatikan perilaku burung parkit secara seksama, burung ini akan merenggangkan sayap dan kakinya secara bergantian hingga beberapa kali. dan ternyata, hal unik ini merupakan salah satu cara parkit untuk menjaga aliran darahnya agar berjalan sempurna. Apalagi jika anda meletakkan burung ini di kandang kecil, dimana parkit tidak memiliki ruang yang cukup untuk terbang. Dengan merenggangkan tubuhnya, maka artinya burung parkit telah menjaga aliran darah di dalam tubuhnya agar tetap lancar dan burung tersebut tetap sehat. 


2. Burung parkit Gemar Bersolek

Tidak hanya manusia, hewan yang satu ini pun gemar besolek. Sebagai burung yang memiliki bulu yang indah dengan beberapa campuran warna, parkit gemar bersolek untuk terlihat bersih di depan teman-temannya. Parkit memang burung dengan jiwa sosial yang tinggi dan gemar berkumpul dalam sebuah koloni. Dan untuk tetap menjaga penampilan di depan pasangannya, parkit gemar membersihkan bulu-bulunya.

Hal ini sering dilakukan di pagi hari sembari menyisir setiap jengkal sayap dan ekornya, merapikan bulu yang kusut sembari mencari kutu.  Bahkan parkit tidak sungkan untuk membantu parkit lain membersihkan bulunya. Oleh karena itu, jika anda berniat memelihara burung yang satu ini, maka akan lebih baik jika anda memelihara minimal satu pasang parkit agar ia memiliki teman di kandang. 

3. Burung parkit Suka tidur siang

Ya, ini merupakan fakta yang tidak semua orang mengerti. Jika kondisi tenang dan parkit sudah kenyang, ia tak sungkan untuk mengembangkan bulu-bulunya, bertengger di tempat tertinggi lalu memejamkan kedua matanya untuk tidur siang, Biasanya parkit akan tidur 10 hingga 15 menit, tergantung kondisi ketenangan lingkungan.

Selama ini beberapa orang menganggap bahwa parkit yang sedang meringkuk di siang hari dalam kondisi yang kurang sehat. Padahal, burung parkit hanya sedang tidur siang untuk sementara waktu. 
selain itu ada hal unik lagi yang dilakukan saat tidur yaitu sering tidur bergelantungan di pinggir kandang, hal ini dilakukan hampir semua burung parkit.



4. Burung parkit Suka Menggigit dan Menggosok Paruh

Ini adalah kebiasaan burung parkit yang bisa kita lihat setiap hari. Alasan burung parkit suka menggosok gosok paruhnya pada besi kandang atau benda lain di dalam sangkar merupakan hal alami untuk menjaga paruh tetap tajam. Apalagi fakta menyebutkan bahwa paruh burung parkit selalu tumbuh, seperti kuku manusia yang bertambah panjang. 

Menggosok-gosok paruh merupakan cara burung menjaga paruh memiliki ukuran yang pas. Sama halnya manusia saat menggunting kukunya agar tidak terlalu panjang dan melukai orang lain. Parkit juga suka menggigit apa saja yang ada di dalam kandangnya. 


5. Memakan Kerikil atau Batu Kecil

Di alam liar dimana parkit selain memakan biji-biji gandum dan millet, parkit suka menelan batu atau kerikil kecil untuk membantunya memuntahkan kulit biji yang tertelan. Ini merupakan cara alaminya untuk menjaga pencernaannya tetap sehat. Kebiasan ini pun ada dalam DNA burung parkit yang ada di Indonesia sehingga parkit lokal pun gemar memakan kerikil.
Nah untuk anda para pemula ada baiknya jika anda menyediakan satu wadah kecil berisi pasir atau pecahan batu bata untuk makanan tambahan.


6. Parkit suka memakan sayur dan buah

Walaupun menu makanan utama burung parkit adalah berbentuk biji-bijian, namun selain itu juga parkit gemar memakan sayuran dan buah-buahan, sayuran yang paling disukai adalah sayur kangkung, bayam, kol, toge dll, sedangkan untuk buah-buahan tidak semua buah disukai oleh burung parkit, dan yang paling disukai adalah buah pir, apel, pisang, dan melon. jadi tidak ada salahnya jika anda menambahkan buah dan sayuran sebagai makanan tambahan atau ekstra fooding untuk burung parkit, karena selain menambah variasi makanan dengan memakan buag dan sayur burung parkit akan tetap sehat.


Itulah tadi beberapa hal unik yang sering dilakukan oleh burung parkit, dan tentunya masih ada lagi hal unik yang dilakukan burung yang satu ini, semoga artikel kali ini bermanfaat, terima kasih...

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel