Ragam Sayuran untuk Memperlancar ASI Bagi Ibu Menyusui



Halo sobat Ra'indah - Tugas seorang ibu setelah melahirkan adalah memberikan ASI eksklusif bagi sang buah hati. Bagi seorang ibu, asi merupakan hal penting yang harus diberikan kepada sang buah hati. Karena pada 6 bulan pertama merupakan titik awal si kecil hidup sehat. Bahkan WHO juga merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan pasca 6 bulan diberikan MPASI atau Makanan Pendamping ASI.

Terkadang masalah muncul, manakala seorang ibu produksi ASI yang cenderung sedikit. Hal ini menjadi masalah yang umum bagi para ibu baru, beberapa solusi yang dapat ibu lakukan antara lain memperbaiki posisi menyusui, menyusui sesering mungkin, tercukupi nutrisi untuk menghasilkan ASI, mencoba memompa ASI, serta memperhatikan pola makan dan minum air putih yang cukup.
Dalam hal pola makan, salah satu yang dapat ibu perhatikan adalah menu makanan termasuk sayuran. 

Berikut ini merupakan sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi untuk melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

1.Daun Katuk

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, bahwa daun katuk dapat digunakan sebagai pelancar asi bagi ibu menyusui. Daun katuk mengandung vitamin A, B, C, K serta pro vitamin A atau betakaroten, kalsium, fosfor, zat besi, serta serat yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol dimana keduanya dapat meningkatkan kadar prolaktin. Kadar prolaktin yang tinggi akan mempercepat serta memperlancar produksi ASI.

2. Daun kelor

Daun kelor ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu menyusui. Manfaat daun kelor untuk ibu menyusui ini berasal dari kandungan senyawa fitolesterol yang dapat merangsang dan melancarkan produksi ASI. Selain kuantitas, daun kelor yang mengandung banyak nutrisi lainnya yang dapat membantu meningkatkan kualitas ASI karena daun kelor memiliki kandungan zat besi 25 kali lebih banyak daripada bayam serta vitamin C 7 kali lipat daripada jeruk. 

3. Asparagus

Asparagus merupakan sayur yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui dan ibu hamil. Sejak dulu, asparagus telah dijadikan sebagai obat untuk meningkatkan produksi ASI. Asparagus merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin A, vitamin K, dan tinggi akan serat. Seperti yang kita tahu, bahwa vitamin A dan vitamin K sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI.

4. Wortel

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata, wortel juga bermanfaat bagi ibu menyusui. Kandungan betakaroten dan vitamin A yang tinggi dapat membantu ibu menyusui dengan memasok energi dan menjaga kualitas ASI mereka. 
Selain itu, wortel memberikan fitoestrogen dan enzim yang mendorong perkembangan ASI. Wortel juga dikategorikan sebagai makanan galactagogue yang berarti dapat bermanfaat untuk memproduksi dan meningkatkan ASI.

5. Bayam

Bayam merupakan sumber kalsium, zat besi, vitamin K, A, dan folat yang baik. Sayuran ini termasuk sayuran yang baik dan penting dikonsumsi untuk ibu menyusui. untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi disarankan untuk mengonsumsi bayam dengan cara dimasak. Agar vitamin A dan E, protein, serat, seng, thiamin, kalsium, zat besi, beta-karoten, lutein, dan lainnya dapat disetiap dengan baik.
Hal ini selaras dengan apa yang telah sarankan oleh Vegetarian Times, bahwa bayam mentah juga mengandung asam oksalat, yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting seperti kalsium dan zat besi.

6. Brokoli

Brokoli tergolong dalam sayuran berwarna hijau gelap lainnya, sama layaknya seperti bayam. Sayuran yang satu ini juga diyakini bisa memperlancar produksi ASI, terlebih karena telah dilengkapi dengan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, dan mangan. Yang terpenting, kandungan asam folat yang cukup tinggi pada brokoli berperan dalam membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang sehat pada bayi. Kandungan fitoestrogen yang tak kalah baik dalam sayur brokoli ternyata memiliki efek positif terhadap produksi ASI.

7. Selada

Selada baik dikonsumsi bagi ibu menyusui karena mengandung banyak nutrisi. Dilansir dari romper.com, selada punya kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium, zink, asam folat, dan berbagai vitamin. Selain bisa melancarkan ASI, selada juga ampuh menambah energi dan mencegah anemia untuk ibu menyusui.



Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel