7 manfaat penting sayur kol bagi kesehatan yang harus anda ketahui




Sayur kol merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin, mineral dan kandungan lainnya yang sangat penting bagi tubuh kita, banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika anda mengkonsumsi secara teratur sayuran ini, seperti melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit katarak, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu perkembangan otak anak. Namun konsumsilah sayuran ini secara teratur untuk mendapat manfaatnya, bukan berlebihan, karena konsumsi berlebihan bisa saja malah berdampak buruk. untuk lebih jelas tentang manfaat sayuran ini simak pemaparan berikut.


1.  Melancarkan sistem pencernaan
Makanan cepat saji mungkin menjadi pilihan kebanyakan orang saat ini, dimana era modern yang serba cepat membuat kita jarang sekali mengkonsumsi sayur, padahal serat yang terkandung dalam sayuran sangat diperlukan oleh tubuh untuk sistem pencernaan. sayur kol merupakan salah satu sayur yang menyediakan serat tinggi sehingga bermanfaat untuk melancatkan pencernaan.


2.  Menjaga kesehatan jantung
Sayur kol mengandung kombinasi serat, fosfor, magnesium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda, serta mineral yang juga terkandung dalam sayuran ini dapat bekerja membersihkan racun dan kolesterol dari arteri. dengan mengkonsumsi sayur kol ini secara teratur dapat mengelola fungsi jantung dengan tepat.


3.  Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Sayur kol hijau ternyata juga sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. kalsium, mineral, dan vitamin yang terkandung dalam sayuran ini dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan. Hal ini diperkuat dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita usia 50 tahun ke atas yang mengkonsumsi sejumlah sayuran salahsatunya kol/kubis yang dapat mencegah kerusakan tulang.

4.  Menjaga kesehatan mata
Menjaga kesahan mata sangat penting mengingat kerusakan mata bisa saja terjadi seiring bertambahnya usia, mungkin sayur kol ini bisa menjadi salah satu referensi sayuran yang dapat dikonsumsi secara teratur, pasalnya, Vitamin C yang terkandung dalam sayur kol/kubis ini sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan indra penglihatan.


5. Mencegah penyakit katarak
Masih seputaran kesehatan mata, dimana resiko penyakit mata seperti katarak dapat diturunkan dengan mengkonsumsi sayur kol ini, hal ini terjadi karena Antioksidan yang terkandung dalam sayur kol dapat bekerja dengan sangat menakjubkan dalam mencegah kerusakan sel-sel mata, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit mata akibat usia, seperti katarak, glukoma, dll.


6.  memperkuat sistem kekebalan tubuh
Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa vitamin yang terkandung dalam sayur kol dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. selain itu kandungan isothiocynates- senyawa tanaman dalam sayur kol juga dapat melindungi sel tubuh dari infeksi.


7.  Membantu perkembangan otak
Lagi-lagi Vitamin yang terkandung dalam sayuran ini merupakan nutrisi baik bagi otak anak. serta kandungan kolin dalam sayuran ini penting untuk meningkatkan fungsi memori otak dan berperan dalam pembentukan membran sel untuk penyampaian sinyal didalam sistem syaraf.


Semoga bermanfaat, dan tetap bijak lah dalam mengkonsumsi makanan, kareana makanan berperan penting dalam menentukan kesehatan anda. Terima Kasih...


Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel