Ingin menulis puisi, tapi takut tidak menarik dan dinilai buruk !!

Menulis Puisi




"Ingin menulis puisi, tapi takut tidak menarik dan dinilai buruk!!"

Seringkali keraguan muncul ketika kita akan mencoba menulis sebuah puisi, yang mana pemikiran pesimis dan rasa tidak percaya diri ini yang akan membebani fikiran kita sehingga mengurungkan niat kita menulis puisi.

Sebenarnya rasa kekhawatiran itu merupakan sesuatu yang wajar, namun perlu kita diketahui bersama bahwa setiap puisi mempunyai tempat tersendiri di mata pembacanya, artinya setiap puisi yang diciptakan sesungguhnya mempunyai makna dan tujuan yang telah ditentukan untuk menarik pembaca. sedangkan kualitas sebuah puisi, baik atau buruk puisi yang kita tulis merupakan karya yang mestinya dihargai dan apresiasi.

Penilaian setiap pembaca puisi untuk sebuah puisi yang dibaca mungkin bisa berbeda-beda, tergantung dari sudut pandang mana dan suasana hati seperti apa  si pembaca tersebut, namun untuk menilai puisi baik atau buruk menurut beberapa pendapat mengatakan bahwa sebenarnya kurang tepat untuk menilai suatu puisi menggunakan acuan variabel baik atau buruk, karena penilaian tersebut cenderung subjektif dan terlalu memihak pada salah satu bentuk puisi. jadi hindari saja untuk menilai puisi dengan acuan variabel tersebut.

Sedangkan untuk menambah rasa percaya diri kita dalam menulis sebuah puisi sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu arti sebuah puisi, carilah referensi puisi yang anda sukai, atau carilah suasana yang mendukung agar lebih nyaman membuat puisi, dan yang jelas memperbanyak meteri dan pengetahuan kita tentang puisi akan menambah rasa percaya diri dan meningkatkan kualitas puisi yang kita tulis.

Untuk Hasil, cobalah bacakan puisi yang anda tulis dihadapan teman dekat, saudara, atau bahkan pacar anda, mungkin,, untuk mendengarkan dan beri komentar sedikit, dengan begitu setidaknya hasil tulisan anda telah sedikit diuji melalui komentar sebelum didengar oarang lain.

Mulailah berkarya dan hasilkan karya-karya terbaik sekarang juga, jangan takut mencoba, karena tugas anda hanyalah berkarya dan orang lain sebagai penikmatnya, bisa jadi, kelak karya anda akan menjadi karya sastra yang dapat di kenang dan menjadi referensi orang lain. Aamiin...
semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi motivasi anda dalam menulis puisi tanpa ada rasa ragu dan khawatir akan penilaian pembaca.
Terima kasih...
.
.
.
.
.

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel